Pengertian,Jenis ,Teater(Drama)Beserta contohnya menurut para ahli


♡ Pengertian Seni Teater (Drama)
Kata Drama berasal dari kata Yunani, draomai yang artinya berbuat, bertindak, bereaksi, dan sebagainya. Jadi kata drama bisa diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan. Seraca umum, pengertian drama ialah suatu karya sastra yang ditulis dalam suatu bentuk dialog dengan maksud untuk dipertunjukkan oleh aktor. Pementasan naskah drama ini dikenal dengan istilah teater. Dapat dikatakan bahwa drama yang berupa cerita yang diperagakan para pemain di panggung. 

pengertian drama secara umum ialah sebuah cerita yang diperagakan di panggung yang berdasarkan naskah. Pada umumnya, drama memiliki dua arti, yaitu drama dalam arti luas dan drama dalam arti sempit. Dalam arti luas, pengertian drama ialah semua bentuk sebuah tontonan yang mengandung cerita yang dipertunjukkan di depan semua orang banyak. Dalam arti sempit, pengertian drama ialah suatu kisah hidup manusia dalam masyarakat yang diproyeksikan ke atas panggung.
Pengertian Seni Teater (Drama) Menurut Para Ahli

1. Moulton
Menurut Moulton menyatakan bahwa Drama ialah suatu kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk suatu gerakan (life presented in action).

 2. Balthazar Vallhagen

Menurut Balthazar Vallhagen menyatakan bahwa Drama ialah suatu kesenian yang melukiskan sifat dan watak manusia dengan suatu gerakan.

 

3. Ferdinand Brunetierre

Menurut Ferdinand Bruneterre menyatakan bahwa drama harus melahirkan sebuah kehendak dengan suatu action atau gerak.

 4. Budianta, dkk (2002)

Menurut Budianta menyatakan bahwa Drama ialah suatu genre sastra yang dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya suatu percakapan atau dialog diantara para tokoh yang ada.

 5. Tim Matrix Media Literata

Menurut TMML menyatakan bahwa Drama ialah suatu bentuk kisahan yang menggambarkan suatu kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.

 6. Seni Handayani & Wildan

Menurut Seni Handayani & Wildan Drama ialah suatu bentuk karangan yang berpijak pada dua cabang kesenian, yaitu seni sastra dan seni pentas sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk naskah tertulis dan drama yang dipentaskan.

 7. Anne Civardi

Menurut Anne Civardi menyatakan bahwa Drama ialah suatu kisah yang diceritakan lewat sebuah kata-kata dan gerakan.
Jenis-Jenis Seni Teater (Drama)

1. Teater Boneka
Pertunjukan boneka telah dilakukan sejak Zaman Kuno. Sisa  peninggalannya ditemukan di sebuah makam-makam India Kuno, Mesir, dan Yunani. Boneka sering dipakai untuk menceritakan sebuah legenda atau kisah-kisah yang bersifat religius (keagamaan). Berbagai jenis boneka yang dimainkan dengan cara yang berbeda. Boneka tangan dipakai di tangan sementara pada boneka tongkat  digerakkan dengan tongkat yang dipegang dari bawah. Marionette atau boneka tali, digerakkan dengan cara menggerakkan sebuah kayu silang tempat tali boneka diikatkan. contoh teater boneka yang cukup populer ialah sebuah pertujukan wayang kulit.

2. Drama Musikal
Drama musikal ialah suatu pertunjukan teater yang menggabungkan seni tari, musik, dan seni peran. Drama musikal lebih sering mengedepankan tiga unsur tersebut dibandingkan dengan dialog para pemainnya. Kualitas pemainnya tidak hanya dinilai pada suatu penghayatan karakter melalui untaian kalimat yang diucapkan tetapi juga melalui suatu keharmonisan lagu dan gerak tari. Disebut dengan drama musikal karena dalam suatu pertunjukannya yang menjadi latar belakangnya ialah sebuah kombinasi antara gerak tari, alunan musik, dan tata pentas. Drama musikal yang cukup tersohor ialah drama kabaret dan opera. Perbedaan keduanya terletak pada sebuah jenis musik yang digunakan. Dalam opera, dialog para tokoh dinyanyikan dengan sebuah iringan musik orkestra dan lagu yang dinyanyikan disebut seriosa. Sedangkan dalam drama musikal kabaret, jenis musik dan lagu yang dinyanyikan bebas dan biasa saja.

3. Teater Dramatik
Istilah dramatik digunakan untuk menyebut sebuah pertunjukan teater yang berdasarkan pada sebuah dramatika lakon yang dipent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s