SENI PATUNG

PENGERTIAN SENI PATUNG – Merupakan hasil ekspresi jiwa manusia dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi yang bertujuan keindahan. Bentuk seni patung mempunyai berbagai ukuran, dari yang kecil untuk hiasan di atas meja, sampai yang besar. Bentuk terakhir ini kemudian dikenal sebagai monumen. Namun ada juga patung yang dibangun sebagai tanda penghormatan terhadap seseorang, misalnya patung Budha, atau patung Pangeran Diponegoro. Pada umumnya patung dibuat dalam bentuk manusia dan binatang, tetapi ada pula dalam bentuk lain. Pada abad ke-20 para pematung bekerja dengan menggunakan cahaya, ruang, dan alam, yang merupakan perluasan konsep patung tradisional.

Seperti seni lukis, seni patung mula-mula dihasilkan dalam rangka upacara keagamaan. Waktu itu biasanya patung merupakan perwujudan tokoh nenek moyang atau orang berjasa yang disembah oleh masyarakat primitif. Masyarakat primitif percaya kepada alam kehidupan sesudah mati, sehingga bagi mereka yang berjasa dibangunlah suatu bentuk sebagai lambang. Bahan utamanya batu. Perkembangan seni pa-tung dapat dikatakan sebagai rekaman perkembangan kebudayaan manusia. Seni patung menjelaskan jalan kehidupan manusia dan ide jamannya yang ditampilkan dalam bentuk fisik. Misalnya pada jaman Yunani kuno dan Abad Pertengahan orang lebih menyukai patung bentuk manusia. Para pematung modern lebih banyak menguraikan ide dan segi ideal masyarakatnya.

Advertisement

Banyak artis menciptakan patung untuk memuaskan kreativitasnya. Untuk itu mereka membutuhkan komunikasi, ekspresi ide, dan perasaan, sehingga tercipta objek yang indah. Tidak sedikit pematung modern yang tertarik pada bentuk seni patung murni yang dikomunikasikan dalam karya mereka; ada juga yang menampilkannya dalam gaya abstrak atau non-representasional. Mereka umumnya menggunakan bahan baja antikarat, plastik, aluminium, gelas atau bahan industri lainnya. Dengan bahan-bahan tersebut dicobanya untuk mengekspresikan kualitas alam dengan imajinasi dan keaslian.

Pematung juga menggunakan elemen yang digunakan para pelukis, seperti ruang, massa, volume, batas, gerakan, cahaya dan bayangan, tekstur, dan warna. Tetapi dalam seni lukis hanya digunakan dua dimensi, sedangkan pada patung digunakan tiga dimensi. Massa dan volume menunjukkan cara patung menempati suatu ruang. Massa menjelaskan jumlah bagian terpenting, kepadatan, atau berat sebuah bentuk dalam ruang, sedangkan volume menunjukkan jumlah ruang yang ditempati sebuah patung. Batas atau tepi sebuah patung menentukan bentuk patung. Adapun gerakan penampilan patung bermacam-macam ada yang diam (statis) dan ada yang bergerak dalam beberapa cara (dinamik). Bahkan ada karya yang benar-benar bergerak dan disebut kinetik. Bayangan yang dibuat patung tergantung dari cahaya yang jatuh padanya. Karena adanya sifat alami bayangan dan pencahayaan, tekstur patung harus dipertimbangkan apakah dengan permu-kaan halus atau kasar. Pewarnaan membuat patung lebih terang atau lebih gelap dari aslinya, misalnya warna biru memberikan kesan gelap, sedangkan warna kuning memberikan kesan terang.

Jaman Romawi. Perkembangan seni patung Romawi merupakan perkembangan dari seni patung Yunani dan Romawi. Pada jaman ini dibuat banyak relief yang menggambarkan peperangan. Jaman Romawi terkenal dengan seni patung potret, yang juga menampakkan gaya Yunani realistik, terutama patung potret pada awal pemerintahan kekaisaran. Tetapi lama-kelamaan seni patung mulai merosot.

Jaman Abad Pertengahan terdiri atas dua bagian, jaman Romanisme «dan jaman Gotik. Pada jaman Romanisme seni patung ditujukan untuk kepentingan keagamaan, seperti tiang, portal, gereja yang dihiasi patung-patung. Banyak seniman jaman ini membuat patung berdasarkan kepercayaan mereka atas kekuatan gaib dalam agama.

Jaman Gotik menghasilkan banyak patung. Patung jaman ini lebih mengutamakan karakter kejiwaan daripada penampilan bentuk. Patung-patung tersebut umumnya terbuat dari batu dan kayu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s